Senin, 15 September 2008

AKSES INTERNET

Untuk mengakses internet, diperlukan suatu program aplikasi. Beberapa program tersebut, yaitu:
1. Internet Explorer
Program aplikasi yang biasa disingkat IE ini, merupakan program gratis bawaan dari program Windows. IE dibuat oleh Microsoft Corporation, dan biasanya pada instalasi OS Windows, akan terinstal secara otomatis. Saat ini, IE telah tersedia dalam versi 6.0. Kelebihan dari IE antara lain :
- Konektivitas stabil.
- Support digunakan untuk kegiatan apapun.
- Jarang ada keluhan error.
Kekurangannya :
- Download file agak lambat, baik untuk browsing, surfing, download, upload.

2. Mozilla Firefox
Program in idikembangkan melalui open source. Pertama kali dikembangkan untuk OP Linux. Firefox hadir dalam bentuk platfor, yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi, seperti platform Windows, platform Linux, dan platform Mac.

3. Opera
Browser saingan Mozilla dan IE ini cukup canggih dan modern. Sama seperti Mozilla, Opera dapat membuat menu baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan Opera dalam mengakses internet cukup tinggi, namun kekurangannya adalah sistem yang tidak stabil, sehingga sering terjadi masalah dalam mengakes sistus-situs tertentu seperti blogger. Supported yang disertakannya juga masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error atau not completed result, ketika mengakses situs-situs tertentu.

Saat melakukan akses internet, kita akan mencari informasi dengan menelusuri atau biasa disebut browsing,pada situs atau halaman web (website) yang menyediakan berbagai macam informasi. Penyedia informasi tersebut bisa suatu organisasi, komunitas, perusahaan, ataupun lembaga pemerintahan. Website dimulai dengan kode www, yang merupakan kepanjangan dari world wide web, atau yang bisa diartikan sebagai web yang terdapat pada jaringan dunia melalui internet.Untuk mengetahui fungsi dari tab-tab yang ada pada halaman web, kami menggunakan contoh dari Internet Explorer.

1. Title bar - mencantumkan nama dari situs yang dibrowsing
2. Back – kembali ke halaman sebelumnya
3. Forward – menuju ke halaman berikutnya
4. Refresh – mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang sama
5. Home – kembali ke tampilan pertama
6. Menu bar – fasilitas yang terdapat pada aplikasi
7. Address bar – menuliskan alamat website
8. Status bar: mencantumkan status dan nama dari link
9. Isi website/halaman
Saat browsing, ketika ingin mencari nformasi dalam waktu singkat, kita bisa menggunakan fasilitas yang disebut Search Engine. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita tidak perlu mengingat dan mengetikkan alamat lengkap situs. Tapi hanya dengan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan informasi yang ingin kita cari. Beberapa search engine populer yang ada, antara lain:
1. Google
Memiliki kecepatan akses yang baik, dikarenakan modem dan keandalan mesin pencari. Juga telah dilengkapi dengan E-mail yang berdiri sendiri, yaitu G-mail. Kelemahannya, Google tidak menyediakan fasilitas video, MP3, dan sejenisnya.

2. MSN
Dibuat oleh microsoft selain ENCARTA. Pencarian msn lebih lengkap daripada Yahoo! Dan Google. Keunggulan msn selain itu. Adalah terdapatnya fasilitas yang berupa kategori – kategori dalam pemilihan bentuk data yang akan dicari, misal: Web, News, Images, Local, Desktop, dan lainnya.

3. Yahoo!
Merupakan pelopor search engine di dunia. Tampilan halaman depannya mudah dipahami dan terorganisir dengan baik, sehingga mempermudah untuk dignakan. Bahkan oleh orang yang pertama kali menggunakan internet. Keunggulan Yahoo! Antara lain dapat mencari informasi dalam benda bergerak, misalnya video, MP3, gambar animasi, musik, dan lainnya. Yahoo! Juga menyediakan fasilitas chatting dan E-mail, yang kapasitasnya mencakup seluruh dunia. Selain itu, Yahoo! Dibuat dalam banyak macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar: